Atomic Habits: Membentuk Kebiasaan Baik ala James Clear

by I Wayan Juliandika

Atomic Habits adalah buku self improvement yang ditulis oleh James Clear. Buku ini menyadarkan kita bahwa kebiasan-kebiasan kecil yang dilakukan secara terus menerus dapat mempunyai dampak yang luar biasa. Banyak dari kita yang ingin meraih tujuan tujuan besar seperti menurunkan berat badan, namun tidak jarang gagal di tengah jalan.

atomic-habits-james-clear
Buku Atomic Habits yang masuk ke dalam New York Times Best Seller

Ketika menyambut tahun baru banyak dari kita mempunyai resolusi untuk menurunkan berat badan seperti mulai untuk rajin ke gym atau pusat kebugaran. Ambisi di awal tahun yang menggebu-gebu ini namun seringkali hanya seumur jagung. Orang-orang akan rajin berolahraga pada awal namun gagal mempertahankan kebiasan tersebut hingga tujuan menurunkan berat badan tercapai.

Pada umumnya manusia sering mempunyai tujuan besar yang terkadang tidak realistis seperti menurunkan berat dalam waktu singkat. Sehingga ketika tujuan tersebut belum tercapai, banyak yang menyerah di tengah jalan. Misalnya menurunkan berat badan 20 kilogram dalam waktu 1 bulan. Well, sangat tidak realistis bukan?

Orang-orang seperti ini akan menghabiskan waktu berjam-jam berolahraga di pusat kebugaran ketika awal-awal menjadi member. Ini adalah awal yang tidak realistis karena akan sangat sulit mempertahankan kebiasaan ini secara konsisten. Tubuh manusia tidak didesain untuk melakukan aktivitas fisik yang berat dalam jangka waktu yang lama. Lebih-lebih, orang yang kelebihan berat badan pada umumnya tidak terbiasa berolahraga.

Namun, tujuan mulia memperbaiki penampilan bukan sama sekali tidak bisa dicapai. Melalui strategi atomic habits, James Clear secara sederaha menjabarkan bagaimana melakukan hal-hal kecil (atomic) secara konsisten akan mempunyai dampak yang luar biasa.

Atomic Habits: Kebiasan Kecil yang Berdampak Besar

Strategi atomic habits adalah bagaimana menjadikan suatu aktivitas menjadi lebih ringan sehingga kita secara konsisten menjalaninya hingga membentuk kebiasaan. Misalnya saja berolahraga hanya selama 2 menit atau melakukan 1 push up setiap harinya. Cukup mudah dibandingkan dengan program fitness yang mengharuskan berolahraga selama satu jam. Memulai kebiasan kecil juga akan mendorong kita melakukan aktivitas dirasa tidak terlalu membebani. Secara psikologi, manusia akan enggan melakukan suatu yang dirasa berat dan tidak menyenangkan.

Tidak hanya tentang kebiasan menjaga kebugaran tubuh, masih banyak contoh-contoh lain yang diceritakan oleh James Clear pada bukunya ini. Buku ini sangat direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin bertransformasi dirinya untuk menjadi lebih baik.

James Clear dalam bukunya menyebutkan peningkatkan 1% setiap hari jika dilakukan secara kontinyu akan menghasilkan 100% di kemudian hari. Seperti yang dijelaskan dalam grafik berikut.

atomic-habits
Melakukan 1% Kebiasaan Baik Setiap Hari akan Berdampak Besar di Kemudian Hari (Image: James Clear)

You may also like