Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u5710877/public_html/wp-includes/functions.php on line 6078
Islandia: Di Antara Es dan Api - raré angon

Islandia: Di Antara Es dan Api

by admin

Islandia adalah negara pulau yang terletak bagian utara Samudra Atlantik. Tidak seperti Amerika Serikat, Inggris, atau Jepang, negara ini mungkin jarang kita dengar dalam budaya populer. Pulau Islandia memang cukup terpisah jauh dari benua-benua besar seperti Eropa dan Amerika.

Menurut sejarahnya, negara ini masuk ke dalam negara-negara Nordik seperti Norwegia, Finlandia, Swedia, dan Denmark. Kesemunya negara mempunyai banyak kemiripan dalam aspek sejarah, budaya, hingga kebijakan sosial.

Meskipun terisolasi dari di tengah-tengah Samudra Atlantik, penduduk Islandia menikmati kualitas hidup yang sangat tinggi.

islandia
Daerah Wesfjords, Islandia (Image by: Cassie Boca)

Pernahkah kamu mendengar band Sigur Rós? Atau Björk, penyanyi solo wanita dengan gaya eksentrik. Ya, kedua musisi ini berasal dari Islandia. Karya-karya mereka sangat unik dan eksperimental. Mungkin saja proses kreatif bermusik mereka terinspirasi dari alam Islandia yang indah. Alamnya menawan juga menjadikannya sebagai lokasi syuting film Game of Thrones.

Untuk para penggemar sepak bola, mungkin agak terkejut bercampur kagum karena Islandia pernah masuk perempat final pada Piala Euro 2016. Ini adalah prestasi tertinggi negara berpenduduk 300an ribu jiwa di liga Eropa. Hebatnya lagi, kiper kesebelasan tim ini ternyata juga berprofesi sebagai seorang sutradara! Dapat dimaklumi karena negara ini mempunyai populasi yang relatif sedikit sehingga warganya harus mempunyai peran ganda.

Secara geografis negara mempunyai luas wilayah 103.000 km persegi, sedikit lebih luas dari provinsi Sumatra Selatan, namun lebih kecil dari provinsi Kalimantan Timur. Penduduknya hanya 364.134 (perkiraan 2020), kurang lebih sama dengan penduduk Kota Cilegon di Jawa Barat. Hal ini membuat Islandia mempunyai kepadatan penduduk yang rendah. Sebagain besar penduduknya tinggal perkotaan.

Secara umum negara-negara Eropa memang mempunyai kualitas hidup yang tinggi, tidak terkecuali Islandia. Bersama dengan negara Nordik lain seperti Swedia, Finlandia, Norwegia dan Denmark, negara ini adalah satu negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Islandia berada pada ranking 5 pada Indeks Pembangunan Manusia menurut data dari UNDP. GDP per kapita penduduk Islandia adalah 33.000 USD dan menempati ranking ke-6.

Tidak salah jika mengaitkan pendapatkan perkapita dengan indeks kepuasan hidup seseorang di suatu negara. Namun, faktor-faktor hal lain seperti dukungan komunitas yang kuat, tingkat kejahatan yang rendah, lingkungan yang terjaga, serta pemerintah yang transparan menjadikan suatu negara sebagai tempat ideal untuk ditinggali.

Islandia: Pertemuan Es dan Api

Tidak seperti namanya, pulau es (ice land), negara ini mengalami musim dingin yang lebih hangat dari daerah yang berada di lingkaran Arktik seperti Siberia atau Alaska. Ini disebabkan karena perairan di sekitar pulau ini dilewati oleh arus teluk (gulf stream) yang hangat sehingga tidak membeku di musim dingin.

Sulit dipercaya jika negara yang dekat kutub utara ini mempunyai gunung berapi aktif. Bahkan letusan yang terjadi di Eyjafjallajökull pernah mengganggu penerbangan seluruh Eropa. Wajar saja bila negara ini mempunyai banyak sumber air panas. Lebih-lebih pemerintahnya sedang gencar memanfaatkan panas bumi sebagai pembangkit tenaga listrik atau biasa disebut dengan geothermal. Alhasil, negara ini berhasil meminimalkan penggunaan bahan bakar fosil dan beralih sumber energi terbarukan.

Karena pertermuan es dan api dalam satu pulau, banyak yang menjuluki negara ini sebagai The Land of Ice and Fire.

Aurora Borealis

Aurora Borealis (Image by: Nicolas J Leclercq)

Islandia mempunyai daya tarik yang tidak ditemukan di negara lain di sini kita bisa melihat secara langsung Aurora Borealis. Aurora adalah cahaya menyala-nyala sebagai akibat dari interaksi medan magnetik bumi dengan partikel bermuatan yang dipancarkan oleh matahari. Pada umumnya Aurora dapat dijumpai di daerah yang berdekatan dengan kutub seperti Islandia, Alasaka, Siberia, dan Norwegia.

Pariwisata adalah penyokong pendapatan terbesar Islandia. Lebih dari 2 juta wisatawan mengunjungi negara ini setiap tahun. Jumlah itu bahkan melebihi penduduk Islandia itu sendiri. Islandia merupakan salah negara yang sangat bergantung pada kedatangan turis.

Islandia seperti tempat misterius yang membuat banyak orang penasaran ingin mengunjunginya. Karena populernya destinasi ini channel travelling Expedia pun membuat liputannya. Liputan tersebut bahkan termasuk salah satu yang paling banyak ditonton di channel ini.

Tertarik Berwisata ke Islandia?

Sudahkah kamu tertarik mengunjungi negara ini? Menabunglah dari sekarang karena budget untuk berwisata ke sini terbilang tinggi. Ibukotanya, Reykjavík merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termahal di dunia. Tapi semua itu akan terbayar dengan keindahan dan keunikan alam negara ini yang tidak dapat ditemukan di tempat lain.

You may also like