Jelajah Kuliner Asia di Pulau Dewata

by I Wayan Juliandika

Sebagai salah satu tujuan utama pariwisata di Indonesia, Bali dapat dikatakan mempunyai budaya yang semakin multikultural. Hal ini dikarenakan semakin banyak yang memutuskan untuk menetap di Pulau Dewata. Selain kuliner asli pulau ini, restoran dengan menu internasional mulai bermunculan. Ini tidak lain untuk mengakomodasi keinginan warganya untuk mendapatkan pengalaman unik berwisata kuliner. Salah satu menu internasional yang banyak dijumpai adalah kuliner Asia. Kuliner Asia dapat dikatakan mempunyai banyak kemiripan dengan kuliner Indonesia.

kuliner-asia
Ilustrasi Hidangan di Sebuah Restoran di Thailand (Image: Unsplash/Katie Musial)

Vietnam – Warung Kursi Pendek

Karena kedekatan geografis, kuliner Vietnam sangat mirip dengan Tiongkok daratan. Ini ditandai dengan banyak kuliner Vietnam yang berbahan dasar mie dan dim sum.

Kolonialisasi Prancis di masa lalu juga membuat kuliner Vietnam memiliki kekhasan dengan adanya sentuhan roti baguette. Bangsa Prancis mengenalkan tambahan bumbu dan sayur khas Mediterania seperti bawang bombai, kembang kol, selada, kentang, tarragon, articok, wortel, asparagus, dan kopi.

Vietnam dikenal dengan makanannya yang berbahan dasar mie dengan isian daging babi. Salah satu kuliner yang paling terkenal adalah Pho (dibaca: Phe). Pho dapat dijumpai di Warung Kursi Pendek yang terletak di daerah Sanur, tepatnya di Jalan Mertasari No. 66, Sanur Kauh, Denpasar.

Pho merupakan mie kuah dengan irisan daging sapi yang dimasak dengan waktu cukup lama. Durasi memasak yang lama akan membuat bumbu lebih meresap ke dalam daging. Selain itu kuah kaldu yang dihasilkan akan mempunyai cita rasa yang kuat. Kekayaan rempah yang digunakan juga membuat Pho terasa sangat nikmat disajikan hangat.

Selain Pho, restoran ini juga menawarkan paket BBQ ala Hanoi. Kita akan diberikan potongan daging dan sayuran lengkap dengan alat memasak seperti grill pan dan kompor mini.

Thailand – Warung Siam

Thailand memang dikenal sebagai surganya kuliner Asia. Sebut saja beberapa kuliner yang terkenal seperti Tom Yam, Panang Curry, ataupun Massamam Curry. Kita bisa mencicipi hidangan ini di salah satu restoran yang terletak di daerah Ubud bernama Warung Siam. Restoran ini beralamat di Jalan Gootama, Ubud.

Warung Siam menyediakan menu Thailand yang sangat bervariasi seperti Gang Panang, Gang Massaman, Pad Ped, Pad Thai Goong dan lainnya. Menu lengkapnya dapat diakses pada link ini.

Kuliner Thailand dapat dikategorikan menjadi empat macam: tom (sayuran yang direbus), yam (salad pedas), tam (makanan yang ditumbuk), dan gaeng (kari-karian).

Secara umum kuliner Thailand mempunyai rasa yang kaya seperti pedas, asam, manis, asin, dan gurih. Ini banyak dipengaruhi oleh gaya memasak dengan banyak rempah, misalnya saja serai dan lengkuas. Bumbu yang digunakan diantara seperti cabai, asam jawa, minyak ikan, dan perasan jeruk. Penggunaan kari yang beraneka ragam juga merupakan ciri khas kuliner Thailand. Penggunaan daging hewan besar seperti sapi ataupun babi jarang digunakan karena latar belakang masyarakatnya yang beragam Budha. Sebagai gantinya lebih banyak digunakan daging hewan kecil seperti udang ataupun kerang.

Singapura – Fu Shou Noodle Club

Kuliner Singapura banyak dipengaruhi oleh budaya Tionghoa. Salah satu kuliner khasnya adalah Nasi Ayam Hainan. Iya betul, kuliner ini bukan berasal dari negeri singa, melainankan dari daerah Hainan, Tiongkok daratan. Penduduk Hainan menyebut ayam ini dengan ayam wenchang.

Hidangan ini telah menjadi kuliner nasional Singapura dan signature wisata kuliner setempat.

Nasi Ayam Hainan dapat djumpai di sebuah rumah makan kecil di daerah Ubud yang beranam Fu Shou Noodle Club. Tempat ini secara umum menghidangkan Chinese food yang sudah biasa dijumpai seperti bakmie, shumay, bakso, dan pangsit. Restoran ini beralamat ini Jalan Raya Andong No.23, Peliatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Restoran ini biasanya sangat ramai pengunjung, jadi persiapkan diri untuk mengantri sebentar.

Nasi Ayam Hainan secara umum adalah nasi yang dikukus menggunakan kaldu ayam dan dihidangkan dengan irisan daging ayam rebus. Air kaldu tersebut diberikan pandan, jahe, dan takaran minyak yang tepat. Tidak lupa ada tambahan saos, irisan telur rebus, mentimun, dan sayuran lainnya sebagai garnish. Pada proses memasak, kaldu ayam biasanya akan meresap ke dalam nasi. Hasilnya adalah nasi yang berwarna agak kecoklatan dengan rasa yang gurih.

Kuliner merupakan salah satu daya tarik pariwisata Singapura. Empat hidangan negara ini bahkan masuk sebagai 50 daftar makanan terenak versi CNN. Hidangan tersebut adalah Nasi Ayam Hainan, Kepiting Cabai (Chili Crab), Katong Laksa, Roti Canai atau Roti Prata. Kuliner Singapura adalah akulturasi dari tiga ras besar yang ada di sana yaitu Tionghoa, Melayu, dan India.

Tiongkok – Naga Eight Restaurant

Bebek Peking adalah signature kuliner negeri tirai bambu. Hidangan ini terkenal sebagai jamuan para tamu kenegaraan yang berkunjung ke Tiongkok.

Sejarah Bebek Peking bisa ditarik pada masa Dinasti Ming. Pada masa itu, bebek peking eksklusif dihidangkan untuk para raja. Sampai pada akhirnya seorang koki membawa resep ini keluar istana. Sejak saat itu bebek peking dapat dinikmati oleh rakyat biasa.

Hidangan ini terkenal karena pembuatannya yang cukup rumit. Pembuatan bebek peking membutuhkan peralatan yang cukup kompleks, seperti perapian yang besar untuk memanggang. Untuk membuat kulit bebek yang krispi dan daging yang empuk, proses memasaknya pun membutuhkan waktu minimal tiga hari.

Proses pembuatan hidangan ini dimulai dari membumbui bebek, memberikan suntikan udara, menggantung daging bebek, mengasap, sampai memanggangnya di dalam oven. Ini baru proses memanggang yang pertama. Selanjutnya daging bebek harus digantung lagi agar minyak dan lemaknya keluar. Bebek kemudian dimasukkan ke dalam oven untuk yang kedua kali sebelum akhirnya pada proses final yaitu menggorengnya sampai cokelat keemasan.

Cukup rumit bukan? Tapi biasanya pemilik restoran sudah menyiapkan daging bebek yang sudah siap untuk digoreng.

Hidangan Tiongkok ini dapat ditemukan di sebuah restoran yang bernama Naga Eight. Restoran ini terletak di Jalan Danau Tamblingan No. 89, Sanur.

You may also like