Kuliner yang Wajib Dicoba Ketika Berwisata ke Bali

by admin

Kuliner Bali mempunyai kekhasan tersendiri. Biasanya ragam kuliner dari Pulau Dewata ini mempunyai cita rasa yang kuat karena bumbunya terdiri dari rempah-rempah. Orang Bali sering menyebutnya dengan base genep. Bumbu biasanya terdiri dari kunyit, bawang merah, bawang putih, cabai, ketumbar, lengkuas, jahe, serai, dan lainnya. Secara umum base genep didominasi oleh rasa pedas sampai gurih. Biasanya pemilik restoran sudah menyesuaikan tingkat kepedasan bumbu ini sehingga bisa dinikmati wisatawan domestik ataupun mancanegara. Campuran dari bahan-bahan menjadikan kuliner Bali mempunyai yang rasa yang khas. Bali hanya memang sebuah pulau kecil, namun ada hal magis yang membuat kekayaan warisan budaya daerah ini tersohor. Berikut adalah beberapa kuliner yang wajib kamu coba ketika berkunjung ke Bali.

kuliner-bali
Hidangan Seafood di Salah Satu Restoran di Bali

Babi Guling Ibu Oka

Siapa yang tidak mengenal kuliner Bali yang satu ini? Meskipun termasuk menu non halal, warung makan ini tetap saja ramai oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Lokasinya yang strategis di daerah pariwisata Ubud, menjadikan Babi Guling Ibu Oka begitu terkenal di kalangan wisatawan. Seperti namanya, rumah makan menyajikan olahan daging babi dipanggang sedemikian rupa dengan bumbu rempah khas Bali. Orang Bule menyebutnya dengan suckling pig. Cara pengolahan yang unik, menjadikan babi guling mempunyai tekstur daging yang juicy. Selain itu, kulit babi panggang yang kering dan renyah adalah salah satu yang paling dicari dari sajian kuliner ini.

kuliner-bali-babi-guling-ibu-oka
Salah satu cabang Bali Guling Ibu Oka yang ada di Jalan Suweta, Ubud

Bagaimana dengan harganya? Ketika penulis berkunjung ke rumah makan ini, satu porsi babi guling standar dipatok dengan harga sekitar IDR 50.000. Namun itu akan terbayar dengan pengalaman wisata kuliner mencicipi salah satu hidangan favorit warga pulau ini.

Babi Guling Pande Egi

Jika kamu adalah wisatawan backpacker dan ingin mengunjungi pelosok Bali yang tidak ramai dengan turis, maka rumah makan ini bisa dijadikan salah satu alternatif. Restoran ini menyajikan menu babi guling yang rasanya tidak kalah babi guling Ibu Oka. Satu porsi babi guling tediri atas nasi, lawar, sate, oret, dan kulit babi yang renyah. Biasanya restoran ini banyak dikunjungi oleh orang-orang lokal yang ingin menikmati babi guling dengan harga murah meriah.

Lokasi restoran ini terletak di Banjar Pande, Beng, Kec. Gianyar, Kabupaten Gianyar. Wisatawan bisa mencapai tempat mudah dengan bantuan Google Maps. Kamu akan dituntun ke daerah pedesaan Bali yang tidak touristy sehingga bisa menikmati suasana yang lebih sepi. Di sekitar restoran ini terdapat areal persawahan yang asri.

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku

Nasi Ayam Kedewatan Ibu Mangku terletak di Jalan Raya Kedewatan No.18, Kedewatan, Kecamatan Ubud, Kabupaten Gianyar. Menunya terdiri dari ayam betutu atau ayam suwir, sayur urab, sate lilit, telur, kacang, dan kemudian disiram dengan kuah sup ayam. Harga satu porsi makanan pun terbilang terjangkau. Wisatawan cukup merogoh kocek IDR 25.000 saja untuk satu porsi standar nasi campur ini.

Rumah Makan Nasi Ayam Kedewatan ini pun terbilang unik. Kamu bisa menikmati hidangan sambil duduk di balai-balai dengan bangunan arsitektur Bali yang khas. Selain itu, di sekitar balai-balai ini terdapat taman yang asri. Nasi Ayam Kedewatan cocok untuk orang yang mulai beradaptasi dengan kuliner tradisional Bali.

Warung Nasi Ayam Ibu Oki

Untuk pecinta nasi campur namun dengan rasa yang pedas dari nasi ayam kedewatan, maka kamu wajib mencoba kuliner yang satu ini. Nasi Ayam Ibu Oki adalah salah satu kuliner yang wajib dicoba ketika kamu berada di daerah Bali selatan. Lokasi utama warung makan ini terletak di Jalan Celagi Basur No.3Y, Jimbaran, Kuta Sel., Kabupaten Badung. Selain itu kamu juga mempunyai cabang di tempat lain yaitu di Jalan Raya Tuban dan Jalan Raya Nusa Dua.

Satu porsi hidangan tediri atas ayam betutu, sayur urab, sate lilit, telur, kacang, sambal. Meskipun cukup terkenal kamu bisa membeli nasi campur ini dengan harga IDR 10.000 sampai IDR 15.000 jika tidak makan di tempat atau take away. Cukup terjangkau untuk sebuah hidangan dengan cita rasa tidak diragukan lagi.

Resto Apung Kintamani

Resto Apung Kintamani adalah tempat yang tepat untuk kamu yang ingin menikmati makan siang sambil melihat Gunung Batur dari kejauhan. Sesuai namanya restoran ini terletak di daerah Kintamani tepatnya di Jalan Raya Kedisan, Kintamani, Kec. Bangli, Kabupaten Bangli.

Restoran ini terletak mengapung di pinggir Danau Batur. Bangunan restoran terdiri atas beberapa pondok kecil yang mengapung di atas air. Cukup unik bukan? Menu andalan restoran adalah berbagai olahan ikan air tawar seperti mujair nyat nyat, ikan nila bakar, nila goreng, dan menu pelengkap lain seperti plecing kangkung. Restoran ini mematok harga standar yang pastinya tidak akan menguras kantong.

Warung Mek Beng

Wisatawan yang sedang berkunjung di daerah Sanur wajib untuk mencoba kuliner yang satu ini. Warung Mek Beng begitu terkenal karena rasanya otentik. Restoran ini menyajikan sup ikan dan ikan goreng yang mempunyai rasa yang khas. Ikan yang dipakai adalah cakalang, kakap, dan tenggiri. Sup ikan di tempat ini bertekstur lembut dengan bumbu base genep. Begitu juga ikan gorengnya mempunyai rasa khas ditemani dengan sambal terasi pedas dengan perasan jeruk nipis. Satu prosi menu terdiri atas nasi, sup ikan, ikan goreng yang dihargai IDR 55.000 saja. Dengan harga tidak terlalu mahal untuk menu seafood, warung makan ini hampir selalu dipadati oleh pengunjung. Oiya lokasi warung makan ini terletak di Jalan Hang Tuah No.45, Sanur Kaja, Denpasar Selatan atau tepat di jalan akses utama menuju pantai Sanur.

Bahkan banyak selebrita dan tokoh yang pernah mencicipi hidangan di restoran ini. Ketika masuk ke restoran ini pengunjung akan melihat banyak selebritis sebagai tanda mereka mengunjungi tempat ini seperti Chef Juna, (alm) Pak Bondan, Anang, Bambang Pamungkas, dan sederet pesohor lain.

Warung Nasi Bali Men Weti

Lewatilah Jalan Segara Ayu, Sanur pada pagi hari maka kamu akan menemukan sebuah warung makan dengan antrian yang mengular. Warga lokal menyebutnya dengan Warung Nasi Men Weti. Secara umum hidangan kuliner di warung atas adalah nasi campur tradisional Bali. Cita rasa pedas yang sudah akrab di lidah masyarakat lokal menjadikan kuliner ini sengat digemari. Satu porsi nasi campur terdiri atas ayam suwir betutu, sayur urap (kacang panjang dengan bumbu kelapa), kripik kulit ayam, telur, serta sambal bumbu merah yang menjadi kekhasan kuliner ini. Satu porsi standar nasi ini dipatok dengan IDR 25.000 ketika penulis pertama kali membelinya.

Ayam Betutu Men Tempeh

Ayam betutu biasanya dipanggang di dalam api sekam dan ditutup menggunakan daun pisang. Sebelumnya ayam tersebut sudah dilumuri dengan base genep. Jika kamu liburan ke Bali melalui pelabuhan Ketapang – Gilimanuk, maka kuliner yang satu ini tidak boleh dilewatkan. Restoran ini terletak di lokasi yang strategis yaitu Terminal Lama, Gilimanuk, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana. Hanya ada satu ungkapan untuk mendeskripsikan ayam betutu di sini: super pedas. Untuk itu siapkan air putih secukupnya untuk menetralisir rasa pedas dari ayam betutu ini. Meskipun begitu, ayam betutu ini tetap membuat penasaran lidah kita sehingga akan terus melahapnya sampai habis. Satu set hidangan biasanya sudah lengkap sayur plecing dan sambal matah.

You may also like