Serial Law School : Emang Seberat Itu?

by Ni Luh Putu Hendiliana Dewi

Setelah penantian panjang 16 episode, akhirnya penggemar serial drama korea – Law School mendapatkan kepastian. Perjalanan drama yang penuh dengan plot twist membuat penayangan episode tiap minggunya selalu dinanti-nantikan.

Sinopsis

Serial drama ber-genre misteri, drama dan kejahatan ini mengambil setting lokasi tempat di Fakultas Hukum Universitas Hankuk, Korea Selatan. Konflik dimulai dengan penemuan yang mengejutkan dari para mahasiswa hukum di tengah-tengah simulasi sidang kasus pidana. Seo Byung-Ju, seorang dosen sekaligus mantan jaksa ditemukan meninggal secara mendadak di ruangannya. Yang Jong Hoon, dosen hukum pidana yang juga merupakan mantan jaksa menjadi pihak yang tertuduh. Kejadian ini menguak banyak misteri-misteri lain dibalik kasus-kasus pidana yang belum terpecahkan di masa lalu. Siapakah pelaku sebenarnya?

photo : asianwiki.com

Alur Cerita yang Mengalir Sempurna

Pada saat awal-awal penayangan serial Law School mungkin banyak yang bertanya-tanya. Hanya memecahkan 1 kasus dalam 16 episode? Apa yang dibahas?

Kasus pembunuhan bisa dibilang Seo Byung-Ju hanyalah titik awal penggalian kasus-kasus dan kesalahpahaman di masa lalu yang melibatkan Seo Byung-Ju. Seiring perjalannya, kasus ini menguak berbagai kasus kejahatan di masa lalu. Mulai dari kasus plagiarisme yang sangat sarat dengan kehidupan kampus, kekerasan dalam hubungan, penyebaran hoaks, peretasan, pembocoran informasi pidana, hingga kasus tabrak lari. Maka jangan heran, saat menyaksikan serial ini Anda bisa saja mencurigai semua tokoh dalam drama.

Bagian paling menarik menurut penulis adalah terungkapnya masalah kekerasan dalam hubungan Jeon Ye-seul dan Ko Yeong-chang. Yeong-chang merupakan putra dari kandidat presiden Ko Hyeong Su. Ko Hyeong Su menyalahgunakan kekuasaan yang dimilikinya untuk mempermainkan hukum dan bekerjasama dengan aparat penegak hukum. Kasus ini menjadi transisi dari penggalian puing-puing kasus yang lebih besar.

Namun, satu hal yang mungkin tidak selalu masuk akal dalam kehidupan nyata adalah kecerdasan Yang Jong Hoon. Rencana yang dibuatnyadan selalu berjalan lancar. Namun inilah yang terus menerus menghadirkan plot twist dalam serial ini.

Law School : Kelanjutan Kehidupan Sung Bo-ra dari Reply 1988?

Kang Sol-A yang diperankan oleh Ryoo Hye-Young merupakan salah satu tokoh utama yang bisa dibilang paling lucu sekaligus menderita. Tokoh Kang Sol-A sebagai mahasiswa kurang mampu dan memiliki permasalahan dalam belajar menghadirkan tindakan-tindakan konyol. Berkebalikan dengan Kang Sol-B, teman sekamarnya yang sangat cerdas dan datang dari keluarga berada. Namun, kerja keras dan semangat dari Kang Sol-A patut kita jadikan pelajaran.

Karakter Kang Sol-A berkebalikan dengan karakter yang ia mainkan pada serial Reply 1988 sebagai Sung Bo-ra yang cerdas dan tempramental. Namun, satu hal yang menghubungkan kedua tokoh ini adalah menjelang akhir cerita Reply 1988. Sung Bo-ra akhirnya berkesempatan untuk masuk ke Fakultas Hukum namun tidak begitu banyak ditunjukan pada serial Reply 1988.

Kim Bum : Drama Law School Nggak Berat Kok!

Sebagian besar orang menganggap bahwa serial Law School merupakan drama yang berat. Judulnya yang mengandung kata “hukum” juga menjadi salah satu pendorong munculnya kesan tersebut. Namun, jika ditelusuri, sebenarnya Law School hanyalah menjadi latar tempatnya. Tempat ini menjadi saksi dari berbagai konflik. Konflik-konflik yang umumnya juga terjadi di Indonesia.

Kehadiran Kim Bum sebagai mahasiswa cerdas mempermanis alur dan penyelesaian konflik cerita. Penikmat drama korea pastinya sudah tidak asing dengan sosok pria dengan senyuman maut yang mempersona ini. Kehadiran Kim Bum juga disebut-sebut sebagai pengobat kerinduan penggemar. Beberapa orang juga mengaku penasaran dengan serial Law School karena kehadiran Kim Bum.

Jadi?

Drama yang tayang di Netflix dan JTBC ini memperoleh rating 8/10 di situs IMDb sejak penayangan perdananya. Perbanduan antara pembahasan kasus dan drama dipadukan dengan porsi yang seimbang. Sehingga, serial ini layak untuk masuk ke dalam daftar tontonan Anda. Selain menghibur, ada banyak pula wawasan hukum yang bisa dipetik dari serial ini. Adakah yang merasa lebih “melek hukum” setelah menyaksikan serial Law School?

Honestly, this is the best among all similar genre I’ve watched before ! Many said it has the How To Get Away With Murder vibes but for me, this one is more light and less complicated. I love the feeling of fully anticipating for the next episode to come as it leaves us with more questions, rather than being confused. The OSTs and background music are no joke too. However, Law School is really underrated maybe because some thinks that it would be complicated as hell – which is actually not. Try watching until the 2nd episode and you will not get enough of this drama as it makes the 1st episode finally realistic. Trust me, I’ve watched until 9 and here I am craving for more 🙃

jinseyeon-44756 via IMDb.

You may also like