Ilkim Hangat Mediterania

by I Wayan Juliandika

Mediterania adalah salah satu nama iklim yang berada pada wilayah laut tengah. Laut ini seperti cekungan yang diapit benua Eurasia dan Afrika. Ciri khas iklim ini ditandai dengan musim panas yang hangat dan musim dingin yang sejuk. Berbeda dengan daerah empat musim lainnya, daerah dengan iklim mediterania jarang terjadi hujan pada musim panas.

Iklim mediterania biasanya terjadi pada benua yang sisi baratnya merupakan samudera atau lautan. Pada musim dingin, angin akan membawa uap air dari samudera sehingga terjadi musim hujan. Berkebalikan dengan musim panas, uap air dari iklim tropis biasanya telah habis karena melewati gurun yang panas sehingga jarang terjadi hujan. Karena dekat samudera yang luas, iklim mediternia cenderung hangat dengan perbedaan suhu musim panas dan musim dingin yang tidak terlalu signifikan.

Sesuai namanya, iklim mediterania berada pada daerah sekitar Laut Mediterania atau Laut Tengah. Beberapa kota utama yang melingkari Laut Tengah diantaranya adalah Aljir (Aljazair), Athena (Yunani), Barcelona (Spanyol), Beirut (Lebanon), İzmir (Turki), Yerusalem (Israel/Palestina), Marseille (Prancis), Monaco (Monako), Napoli (Italia), Roma (Italia), Tunis (Tunisia), Valencia (Spanyol), Valletta (Malta).

Karena kondisi geografis tertentu, beberapa area di luar laut tengah juga dapat dikategorikan mempunyai iklim mediterania. Daerah tersebut diantaranya adalah Adelaide (Australia), Perth (Australia), Cape Town (Afrika Selatan), Casablanca (Maroko), Dushanbe (Tajikistan), Lisbon (Portugal), Los Angeles (Amerika Serikat), San Diego (Amerika Serikat), San Francisco (Amerika Serikat), Santiago (Chili), Tashkent (Uzbekistan), dan Victoria (Kanada).

Jika digambarkan pada peta, iklim mediterania tersebar di pesisir laut tengah (mediteranian basin), daerah tengah Chili, California, Western Cape (Afrika Selatan), bagian barat dan selatan Australia.

mediterania
Peta Iklim Mediterania

Daerah mediterania mempunyai peran penting karena dikenal sebagai awal mula peradaban manusia. Sistem pertanian modern konon pertama kali dilakukan di daerah ini. Daerah Bulan Sabit Subur atau Fertile Crescent di mana berbagai tanaman liar pertama kali didomestifikasi. Daerah ini dapat dikatakan unik karena merupakan titik pertemuan kebudayaan Afrika Utara, Eropa, Asia.

Iklim Mediterania dapat dikatakan begitu istimewa. Iklim ini ‘hanya’ mempunyai dua musim layaknya iklim tropis. Perbedaannya adalah iklim mediterania tidak selembap dan sepanas iklim tropis.

Kombinasi temperatur dan curah hujan membuat iklim ini unik. Beberapa spesies tumbuhan khas dapat tumbuh subur di iklim ini. Tumbuhan tersebut adalah: gandum, anggur, dan zaitun. Ketiga tumbuhan ini nantinya banyak dijadikan bahan makanan yang sering disebut dengan diet mediterania.

mediterania-gandum
Gandum

mediterania-zaitun
Buah Zaitun Sering Dijadikan Bahan Minyak (Image: Unsplash/Roberta Sorge)

Karena iklim yang sesuai untuk menumbuhkan anggur, maka daerah ini adalah penghasil wine terbaik.

Anggur di Sebuah Perkebunan di Le Château, Villandry, Prancis (Image: Unsplash/Bastien Ruhland)

You may also like

This website uses cookies to improve your experience. Accept