Negara Persemakmuran Inggris

by I Wayan Juliandika

Pada masa kolonial, Kerajaan Inggris memiliki wilayah yang sangat luas. Wilayah jajahannya hampir ada di setiap benua. Meskipun penjajahan telah menimbulkan penderitaan yang mendalam, bekas jajahan Inggris biasanya bertransformasi menjadi negara maju (developed country). Setelah merdeka, bekas negara jajahan ini telah ‘diwariskan’ infrastruktur modern dan sumber daya manusia yang berkualitas. Tidak mengherankan negara-negara ini memiliki indeks kualitas hidup yang tinggi. Negara-negara ini kemudian mendirikan asosiasi politik yang disebut dengan Commonwealth of Nation (negara persemakmuran).

Daftar ini disusun berdasarkan beberapa kriteria seperti jumlah populasi keturunan Inggris di negara tersebut, penggunaan Bahasa Inggris sebagai bahasa utama, kemiripan sistem pemerintahan, politik, dan hukum dengan Inggris, serta beberapa pertimbangan lainnya.

Australia

negara-persemakmuran-australia-sydney-opera-house
Sydney Opera House dari Udara (Image: Dan Freeman/Unsplash)

Pesisir timur Australia disusuri pertama kali oleh pelaut Inggris, James Cook, pada tahun 1770. Daerah ini kemudian diklaim Inggris dan diberi nama New South Wales. Jauh sebelum dikolonialisasi bangsa Eropa, benua Australia sudah lebih dahulu dihuni suku Aborigin.

Sebagai bekas tanah pendudukan Inggris, Australia adalah satu pendiri asosiasi negara persemakmuran. Bersama dengan Kanada dan Selandia Baru, Australia adalah bagian dari negara anglosfer.

Meskipun berada di belahan bumi bagian timur, secara budaya Australia lebih mirip negara-negara barat seperti Eropa dan Amerika. Sebagai negara maju, warga Australia menikmati kualitas hidup yang baik dibuktikan dengan pendapatan perkapita yang tinggi, fasilitas kesehatan yang memadai, dan akses pendidikan berkualitas. Beberapa kota besar di Australia seperti Melbourne, Sydney, Perth, Adelaide, dan Brisbane selalu masuk ke dalam daftar kota terbaik untuk ditinggali.

Australia menganut sistem pemerintahan parlementer. Kekuasaaan tertinggi ada pada Ratu Elizabeth II sebagi kepala negara. Sedangkan ada seorang perdana menteri sebagai kepala pemerintahan.

Kanada

Danau Moraine di Provinsi Alberta, Kanada (Image: Unsplash/John Lee)

Negara persemakmuran selanjutnya adalah Kanada. Kanada secara geografis berada di belahan bumi utara. Negara ini memiliki sumber daya alam yang melimpah. Hal ini menjadikan Kanada sebagai salah satu negara termakmur di dunia.

Sebagai negara maju, pertumbuhan penduduk Kanada cendrung menurun. Oleh karena itu, pemerintah Kanada telah membuka peluang seluas-luasnya bagi warga negara lain untuk menjadi penduduk tetap negara ini. Kanada membutuhkan lebih banyak tenaga kerja terampil untuk memperkuat perekonomian negaranya.

Kanada mempunyai kualitas hidup yang tinggi. Kota-kota seperti Vancouver, Calgary, dan Toronto beberapa kali masuk daftar kota terbaik untuk ditinggali. Ini tidak mengherankan karena Kanada mempunyai infrastruktur yang baik, fasilitas kesehatan yang memadai, kualitas udara yang bersih, dan sebagainya.

Dengan banyaknya danau, sungai, dan gletser, Kanada mempunyai cadangan air tawar yang melimpah. Negara ini menyimpan 20% jumlah air tawar yang ada dunia.

Selandia Baru

negara-persemakmuran-queenstown-selandia-baru
Queenstown, Salah Satu Daya Tarik Turis di Selandia Baru (Image: Unsplash/Ömer Faruk Bekdemir)

Selandia Baru menjadi salah satu wilayah paling selatan dan paling terakhir yang pernah dihuni manusia. Orang Polinesia merupakan manusia modern pertama yang mendiami daerah ini. Lama-lama kelamaan terbentuklah suatu komunitas yang dikenal sebagai Suku Māori.

Sebagai negara persemakmuran, Selandia Baru menganut sistem pemerintahan monarki konstitutional dengan Ratu Elizabeth sebagai kepala negara.

Negara banyak memiliki fjord dan pegunungan dengan puncak salju. Negara ini memiliki Fiordland National Park yang menyuguhi pemandangan fjord spektakuler.

Negara yang berada di belahan bumi selatan ini hanya memiliki penduduk sekitar empat juta jiwa. Meskipun demikian, kota-kota utamanya selalu berada dalam ranking teratas untuk kategori tempat terbaik untuk ditinggali. Kota-kota tersebut diantara adalah Auckland dan Wellington. Sedikit catatan, Wellington adalah ibukota negara yang berada paling selatan bumi.

Sebagai tanah yang paling baru dihuni manusia, Selandia Baru mempunyai lingkungan masih lestari. Inilah yang mengilhami tagline pariwisata Selandia Baru yang bertajuk ‘Clean and Green New Zealand’. Penduduk Selandia Baru menikmati air bersih yang langsung turun dari pegunungan.

Singapura

negara-persemakmuran-gardens-by-the-bay
Di Singapura, Gedung-Gedung Pencakar Langit Berdampingan dengan Ruang Terbuka Hijau (Image: Sergio Sala/Unsplash)

Singapura telah lama menjadi tempat transit di Asia. Ini ditandai dengan pos perdagangan yang didirikan oleh Sir Stamford Raffles pada masa kolonial Inggris. Singapura memiliki posisi yang strategis di Asia. Pulau ini merupakan pertemuan Selat Malaka dengan Laut Cina Selatan yang ramai pada masa lalu. Selain itu, Singapura diapit dua benua benua dan dua samudera besar sehingga sering dilewati kapal yang berdagang.

Pengaruh pendudukan Inggris di masa lalu membuat Singapura menjadi negara paling terwesternisasi di Asia. Ditandai dengan penggunaan Bahasa Inggris sebagai lingua franca atau basantara. Bahasa Inggris digunakan di semua segmen kehidupan masyarakat Singapura mulai dari bidang niaga, pemerintahan, hukum, dan pendidikan.

Di masa modern, Singapura telah menjadi pusat keuangan di Asia. Industri finansial menjadi salah satu tulang punggung pendapatan Singapura. Ini ditandai dengan ratusan gedung-gedung pencakar langit untuk mengakomodasi kebutuhan industri.

Pemerintah Singapura sadar bahwa mereka tidak mau hanya menanam beton. Pemerintah Singapura telah membuat konsep kota hijau yang lebih sustainable dengan nama garden city. Kini ratusan taman telah dibangun di pulau ini untuk mengimbangi gedung-gedung pencakar langit.

Terletak berdekatan dengan garis khatulistiwa, Singapura mempunyai iklim tropis yang panas dan lembap sepanjang tahun. Pemerintah Singapura mencoba berdamai dengan hal tersebut dengan membangun banyak taman untuk menurunkan suhu kotanya. Singapura yang memang mempunyai iklim hutan hujan tropis memang sangat sesuai untuk menumbuhkan beraneka macam tanaman.

Di bawah kepemimpinan Lee Kuan Yew, Singapura yang awalnya hanyalah perkampungan nelayan kini berubah menjadi salah satu kota penting di dunia. Singapura satu-satunya negara tropis yang menyandang predikat negara maju.

Afrika Selatan

negara-persemakmuran-cape-town
Cape Town, Afrika Selatan dari Udara (Image: Tobia Reich/Unsplash)

Afrika Selatan memang belum mempunyai kualitas hidup setinggi negara-negara Eropa ataupun Amerika Utara. Meskipun demikian, Afrika Selatan memiliki peranan cukup penting di benua Afrika. Sebagai bagian dari anggota G20, Afrika Selatan mempunyai ekonomi terbesar kedua di benua hitam.

Di masa lampau tempat ini adalah favorit bangsa Eropa. Letaknya yang berada di ujung selatan benua Afrika menjadikan negeri ini patokan menuju Asia. Kapal-kapal akan berbelok ke arah timur setelah menemui ujung benua Afrika. Saking terkenalnya, ada satu tempat di Afrika Selatan yang dinamakan tanjung harapan. Dalam bahasa Inggris tempat ini dinamakan Cape of Good Hope.

Setelah ditemukannya cadangan emas yang melimpah, Afrika Selatan menjadi salah satu koloni penting bagi bangsa barat. Di masa sekarang, Afrika Selatan adalah negara paling terwesternisasi di benua Afrika. Hampir 9% penduduk Afrika Selatan merupakan ras kulit putih.

Negara ini mempunyai bentang alam yang unik. Sebagian besar negara ini mempunyai iklim sedang dengan empat musim. Meskipun demikin, daerah barat daya berilkim mediterania yang lebih hangat. Hal ini mengakibatkan Afrika Selatan mempunyai flora dan fauna yang beragam. Afrika Selatan mempunyai hujan hutan tropis dengan pohon yang rapat hingga sabana dengan dengan pohon yang lebih jarang. Satwa khas Afrika seperti gajah, jerapah, dan badak masih bisa terlihat di negara ini. Pun demikian, satwa kutub selatan seperti penguin ternyata juga masih bisa ditemui di pesisir barat.

Afrika Selatan dapat dikatakan representasi peradaban barat di benua Afrika. Negara mencetak skor tinggi untuk kebebasan pers, indeks demokrasi, sistem hukum & perlindungan hak sipil, infrastruktur teknologi, kesehatan, dan lainnya. Beberapa syarat mutlak untuk menjadi negara maju selain peningkatan indeks pembangunan manusia.

You may also like

This website uses cookies to improve your experience. Accept