Paweensuda Drouin baru saja dinobatkan sebagai Miss Universe Thailand 2019. Fahsai, panggilan akrabnya akan mewakili Thailand pada ajang Miss Universe 2019 yang rencananya akan digelar di Korea Selatan. Siapakah sosok yang wanita cantik yang juga merupakan seorang DJ ini?

paweensuda-droiun-catriona-gray-miss-universe-thailand-2019
Paweensuda Drouin Dinobatkan sebagai Miss Universe Thailand 2019

Wanita bernama lengkap Jennifer Paweensuda Saetan-Drouin mempunyai darah Kanada – Thailand. Lahir di Montreal pada 12 Oktober 1993, ibunya merupakan seorang Thai Chinese dan ayahnya berdarah Euro – Kanada. Paweensuda menghabiskan masa kecilnya di Kanada. Wanita ini berhasil meraih lulus dengan predikat summa cumlaude di jurusan kinesiology dari Universitas Calgary. Setelah lulus, dia pindah ke Thailand untuk menjadi model dan DJ.

Paweensuda Drouin: Ikut Ajang Pageant Berkali-Kali

Paweensuda mengawali karier pageantnya dengan mengikuti Miss Thailand Chinese Cosmos 2013 dan berhasil meraih juara 2 atau 2nd runner up. Tidak berhenti sampai di sana, dia kembali mengikuti Miss Thailand 2013. Hasilnya tidak begitu mengecewakan, dia berhasil keluar sebagai juara 2 atau 1st runner up.

Pada tahun 2017 ia kembali mengikuti ajang pageant, kali ini adalah Miss Universe Thailand 2017. Pada ajang ini, ia harus puas ‘hanya’ mendapatkan juara ketiga setelah dikalahkan oleh Maria Poonlertlarp, pemenang Miss Universe Thailand 2017. Paweensuda kemudian mewakili Thailand pada ajang Miss Earth 2017 dan berhasil masuk 8 besar.

Dua tahun berselang, Paweensuda kembali mengikuti Miss Universe Thailand 2019. Usahanya berkali-kali mengikuti ajang pageant akhirnya membuahkan hasil yang manis. Paweensuda berhasil memenangkan kompetisi ini dan mendapatkan gelar Miss Universe Thailand 2019. Crowning dilakukan oleh Catriona Gray, Miss Universe 2018 dan Sophida Kanchanarin, Miss Universe Thailand 2018. Selain itu, Paweensuda juga mendapatkan gelar Best Swimsuit, Perfect Poses, Miss Popular Vote dan salah satu kontestan yang mendapatkan penghargaan Golden Tiara.

Pengalaman Paweensuda dalam ajang pageant menjadikan wanita ini kandidat kuat untuk Thailand dalam merebut crown Miss Universe 2019. Public speaking dengan kemampuan Bahasa Inggris yang baik dan postur badan yang semampai menjadikan Paweensuda patut diperhitungkan.

Update:

Penampilan Paweensuda di Miss Universe 2019

Paweensuda mewakili Thailand pada ajang Miss Universe 2019 yang digelar Tyler Perry Studios, Atlanta, Georgia. Ia berhasil tampil percaya diri dengan skill public speaking yang tidak diragukan lagi.

paweensuda-drouin
Paweensuda dengan gaun malam dengan nuansa merah pada malam final Miss Universe 2019

Seperti yang sudah diprediksi banyak orang, Paweensuda berhasil placed pada posisi tinggi. Namun sayang, perjuangannya harus terhenti di posisi lima besar. Menurut para pecinta pageant, pertanyaan untuk Paween pada sesi Q & A terlalu sulit sehingga ia gagal melaju ke babak selanjutnya yaitu tiga. Berikut adalah pertanyaan yang diajukan oleh Steve Harvey, host acara saat itu:

Government surveillance used to keep many nations and their people safe. But some believe this invades our right to privacy. What is more important to you, privacy or security?

Steve Harvey

Untuk menjaga keamanan negara dan warga negaranya, pemerintah terkadang menerapkan keamanan (security) yang cukup ketat. Namun, kadangkala hal tersebut akan melanggar ranah pribadi (privacy) seseorang. Manakah yang lebih penting, security atau privacy?

Pertanyaan yang cukup tricky bukan? Tapi bagaimana cara Paweensuda menjawab pertanyaan ini?

That’s a very tough question. I believe that every country has its own government policy to keep us safe. And I believe that it shouldn’t cross the line going into our privacy. Because we have a right to privacy. But security is also very important in order to live in a better society. We also have the government look into a line, a middle ground as to where they can come and live together with the society.

Paweensuda Drouin

Pada intinya, Paweensuda menjawab secara diplomatis. Keamanan (security) dan privasi adalah dua hal yang sama-sama penting. Agar tidak condong ke salah satunya, Paween menegaskan bahwa pemerintah harus membuat batasan yang jelas antara security dan privasi. Hal itu tiada lain untuk melindungi ranah privasi warga negaranya.

Miss Universe Thailand

Kompetisi nasional Miss Universe Thailand (MUT) memang cukup megah dibandingkan dengan negara lain. Sejak tahun 2015 MUT konsisten mengirimkan wakil terbaik sehingga bisa place di posisi tinggi. Sebut saja Aniporn Chalermburanawong (Top 10), Chalita Suansane (Top 6), Maria Poonlertlarp (Top 5), Sophida Kanchanarin (Top 10), Paweensuda Drouin (Top 5), dan Amanda Obdam (Top 10).

Baca juga: Werner Wessels, The Creative Director of Miss South Africa


You may also like