Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u5710877/public_html/wp-includes/functions.php on line 6078
Pesona Taman Nasional Bali Barat - raré angon

Pesona Taman Nasional Bali Barat

by admin

Taman Nasional Bali Barat (TNBB) menawarkan pengalaman berwisata yang sedikit berbeda dengan tempat lainnya di pulau dewata. Vegetasi alamnya cukup lengkap mulai dari hutan musim, savana, mangrove, sampai dengan terumbu karang. Pantai pasir putih dengan laut yang membiru membuat kita betah berlama-lama bersantai. Jika beruntung, kita bisa melihat rusa dan burung Jalak Bali (Leucopsar rothschildi). TNBB adalah sebuah paket lengkap sebagai sarana konservasi, edukasi, maupun pariwisata.

Area konservasi ini mempunyai luas 77.000 hektar terletak di dua kabupaten yaitu Buleleng dan Jembrana. Terdapat sekitar 160 spesies hewan dan tumbuhan dalam taman nasional ini.

pulau-menjangan

Seekor rusa jantan tampak sedang berkeliaran di sebuah pura yang terdapat di Pulau Menjangan. Rusa merupakan satwa ikonik Taman Nasional Bali Barat yang kerap dijadikan daya tarik wisata. Terdapat beberapa pura di Taman Nasional Bali Barat seperti Pura Prapat Agung dan Pura Ganesha. Penyeberangan ke Pulau Menjagan dapat dilakukan dari pelabuhan Banyuwedang.

Ikan badut atau ikan garu (clown fish) diantara Anemon Laut

Bawah laut Pulau Menjangan juga mempunyai kekayaan bahari yang luar biasa. Spot diving di tempat ini adalah salah satu yang terbaik yang ada di Bali.

Wall Diving di Pulau Menjangan

Tepat di bawah pantai Pulau Menjangan terdapat palung yang cukup dalam yang menjadi habitat terumbu karang. Menyelam pada bentuk terumbu karang vertikal seperti sering disebut dengan wall diving.

Ikan yang Berwarna-warni Diantara Terumbu Karang

Tidak hanya itu, di sini juga terdapat coral garden dengan berbagai biota laut. Demikianlah Pulau Menjangan yang mempunyai kehidupan bawah air yang luar biasa. Setelah diving, jangan langsung pulang tapi cobalah bermain di tepi pantai pasir putih yang indah.

mangrove
Akar Udara Mangrove di Tepi Pantai

Mangrove di Taman Nasional Bali Barat sangat cantik dipadukan dengan pantai pasir putih yang indah.

taman-nasional-bali-barat
Matahari Terbenam di Pantai Pasir Putih, Pejarakan

Penulis sempat berkunjung ke Pantai Restaurant, sebuah restoran tepi yang ada di daerah Pejarakan. Pengunjung akan bisa menikmati hidangan dengan pemandangan pasir putih dan mangrove.

ayam-betutu
Ayam Betutu ala Pantai Restaurant

Penulis saat itu menikmati Ayam Betutu dipadukan dengan pemandangan sunset yang indah di tepi pantai.

mangrove-octagon-plataran-menjangan
Vegetasi Mangrove di Taman Nasional Bali Barat

Tidak hanya itu, Taman Nasional Bali Barat juga menghadirkan kesan eksklusif seperti restoran yang langsung menghadap ke laut. Matahari memang terasa lebih terik di sini.

octagon
Menikmati Sarapan di The Octagon Ocean Club by Plataran

Penulis sempat menikmati hidangan breakfast yang amat istimewa dari The Octagon Ocean Club. Terdiri dari kopi atau teh, roti baguette, roti danish, nasi goreng, jus, dan buah-buahan segar.

the-octagon-ocean-club

Vegetasi daratan Taman Nasional Bali Barat adalah hutan musim yang cantik. Terdapat dua akomodasi hotel yang dapat digunakan yaitu Plataran Menjangan dan Menjangan Ecolodge.

hutan-musim-menjangan-ecolodge
Hutan Musim yang Menghadap Laut Lepas

Hutan gugur daun tropika atau hutan musim atau monsoon forest adalah bioma yang dipengaruhi oleh musim. Pada umumnya hutan ini hanya terdiri dari satu spesies pohon saja atau sering disebut dengan hutan homogen. Sekadar tambahan, kita dapat menyewa guide untuk melakukan trekking pada hutan ini. Ada juga fasilitas shuttle yang bisa digunakan untuk berkeliling hutan yang ada di sini. Plataran Menjangan adalah kawasan terpadu dengan penjagaan yang cukup ketat.

plataran-menjangan
Plataran sebagai Salah Satu Akomodasi Wisata Taman Nasional Bali Barat

Taman Nasional Bali Barat adalah salah satu destinasi wisata terbaik yang ada di Bali. Namun sayang, jarak lokasi ini dari bandara Ngurah Rai adalah sekitar 3-4 jam perjalanan.

You may also like