Deprecated: Hook custom_css_loaded is deprecated since version jetpack-13.5! Use WordPress Custom CSS instead. Jetpack no longer supports Custom CSS. Read the WordPress.org documentation to learn how to apply custom styles to your site: https://wordpress.org/documentation/article/styles-overview/#applying-custom-css in /home/u5710877/public_html/wp-includes/functions.php on line 6078
Tari Teruna Jaya dan Dinamika Pemuda di Zaman Modern - raré angon

Tari Teruna Jaya adalah salah satu tari kreasi yang berasal dari Bali Utara yaitu Kabupaten Buleleng. Ciri khas tari ini adalah gerakannya yang dinamis, cepat, dan ekspresif. Tari Teruna Jaya menggambarkan sesosok pemuda yang penuh dengan luapan energi. Meskipun menceritakan lakon pria, biasanya tari ini biasanya ditarikan oleh seorang wanita. Tari ini pada awalnya merupakan ciptaan Pak Wadres yang kemudian disempurnakan oleh I Gde Manik.

tari-teruna-jaya
Tari Teruna Jaya Biasanya Ditarikan oleh Seorang Wanita (Source: Wikimedia)

Dilihat dari sisi gerakannya, tarian ini dapat dikatakan cukup sulit untuk ditarikan. Dengan durasi tarian lebih dari 10 menit, penari harus benar-benar berkonsentrasi dan menghafal seluruh gerakannya dengan tepat. Apalagi ditambah perpindahan antar gerakan yang sangat cepat

Tarian ini sudah mengalami beberapa perubahan hingga seperti yang kita lihat seperti sekarang. Pada awalnya tari Teruna Jaya berbentuk kebyar legong yang telah ada sejak tahun 1915. Tari ini diciptkan oleh seorang seniman bernama Pak Wandres. Kemudian tarian ini disempurnkan kembali oleh I Gde Manik ketika gong kebyar semkain populer di seluruh Bali. Saat ini Tari Teruna Jaya telah diajukan sebagai warisan budaya tak benda ke UNESCO.

Tari Teruna Jaya dan Dinamika Pemuda di Zaman Modern

Tari Teruna Jaya melukiskan dinamika pemuda (teruna) yang sedang beranjak dewasa. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, seorang pemuda biasanya mempunyai energi yang luar biasa. Oleh karenanya, pemuda biasanya sangat dinamis karena responsif dengan perubahan. Karena kepekaan tersebut, muncullah istilah pemuda sebagai agen perubahan atau agent of change. Lebih-lebih, jika ditelurusi, banyak revolusi yang diprakarsai oleh gerakan kepemudaan. Seperti contoh, proklamasi kemerdekaan Indonesia diawali oleh gerakan Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Contoh lainnya adalah bagaimana gerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang mampu meruntukan orde baru yang membawa bangsa ini ke era reformasi.

Tari Teruna Jaya melukiskan dinamika pemuda (teruna) yang sedang beranjak dewasa. Jika dikaitkan dengan kehidupan sehari-hari, seorang pemuda biasanya mempunyai energi yang luar biasa. Oleh karenanya, pemuda biasanya sangat dinamis karena responsif dengan perubahan. Karena kepekaan tersebut, muncullah istilah pemuda sebagai agen perubahan atau agent of change. Lebih-lebih, jika ditelusuri, banyak revolusi yang diprakarsai oleh gerakan kepemudaan. Seperti contoh, proklamasi kemerdekaan Indonesia diawali oleh gerakan Sumpah Pemuda pada tahun 1928. Contoh lainnya adalah bagaimana gerakan mahasiswa pada tahun 1998 yang mampu meruntuhkan orde baru yang membawa bangsa ini ke era reformasi.

Namun di era millenial seperti sekarang, seorang pemuda juga harus mampu membawa perubahan terhadap dirinya sendiri. Seperti kata pepatah, yang abadi adalah perubahan. Untuk dapat memenangkan kompetisi global, kita harus senantiasa terbuka terhadap perubahan dengan terus membenahi diri.

Referensi:

  1. Sejarah Tari Teruna Jaya
  2. Asal Usul dan Makna Tari Trunajaya

You may also like