The Worst Witch, Bukan Harry Potter Versi Perempuan

by Ni Luh Putu Hendiliana Dewi

Penikmat film bergenre fantasi dan petualangan pasti sudah tidak asing dengan Harry Potter. Tokoh sekaligus diangkat menjadi judul film ini seolah melegenda diberbagai kalangan usia. Kaca mata bulat khas Harry, tongkat sihir dan mantra-mantra sihir sangat melekat pada film diceritakan pada 7 seri ini. Harry Potter bukan satu-satunya serial film yang bercerita tentang dunia sihir. Berbagai serial anak-anak hingga dewasa bermunculan dengan alur ceritanya masing-masing. Misalnya serial The Worst Witch.

Hampir sama seperti Harry Potter, serial The Worst Which diadaptasi dari buku dengan judul yang sama. Buku ini dikarang oleh Jill Murphy. Walaupun serial terbaru yang tayang di CBBCZDF, and Netflix ini baru diangkat ke layar kaca mulai tahun 2017, buku ini ternyata telah diterbitkan sejak tahun 1974. Bukunya telah diadaptasi serial TV pertama kali pada tahun 1986. Jika dibandingkan dengan buku Harry Potter pertama – Harry Potter and the Philosopher’s Stone, buku ini terbit tahun 1997. Oleh karenanya tidak bisa dikatakan bahwa The Worst Witch meniru Harry Potter atau sebaliknya karena kedua serial ini memiliki fokus ceritanya masing-masing.

The Cackle’s Academy

Setting utama dari serial the Worst Witch berada di the Cackle’s Academy. Berlokasi di tengah hutan, sekolah ini menjadi tempat belajar anak-anak perempuan dengan sistem asrama. Cackle’s Academy diambil dari nama keluarga pemilik yaitu keluarga Cackle yang pada saat itu dipimpin oleh Ada Cackle. Uniknya, bangunan kastil yang nampak pada serial terbarunya ini berlokasi di dua tempat yaitu di Peckforton Castle di Inggris dan Burg Hohenzollern di Jerman. Pengambilan gambar dilakukan sedemikian rupa seolah-oleh kedua bangunan itu adalah sama.

Meet the Worst Witch-Mildred Hubble

Cerita dimulai dengan seorang anak – Mildred Hubble yang diperankan oleh Bella Ramsey mempercayai dirinya bukan berasal dari keluarga penyihir. Namun anehnya, Mildred bisa melihat para penyihir dan juga Cakcle’s Academy yang seharusnya tidak bisa dilihat oleh manusia biasa. Berawal dari itikad baik Mildred untuk membantu teman barunya Maud Spellbody, akhirnya tanpa direncanakan Mildred harus mengikuti tes masuk ke Cakcle’s Academy. Inilah fokus utama dari the Worst Witch yaitu tentang persahabatan, sehingga serial ini sangat layak untuk dinikmati oleh anak-anak.

Mildred dan Ethel. Foto: IMDb

Sebagai tokoh protagonis, seorang siswi cerdas – Ethel Hallow menemukan dirinya selalu dirugikan oleh keberadaan Mildred. Ethel digambarkan sebagai sosok yang tidak begitu banyak memiliki teman namun selalu ingin menjadi yang terbaik. Pada alur cerita setiap episodenya selalu saja muncul konflik antara Mildred dan Ethel. Salah satu yang paling sering dipermasalahkan adalah posisi Mildred bukan berasal dari keluarga penyihir (witching family). Konflik yang paling panjang adalah ketika di season 4 mereka berdua bersaing untuk menjadi the head girl atau di Indonesia mungkin semacam ketua OSIS.

Mildred digambarkan sebagai tokoh yang ceroboh namun pintar dan pemberani. Dengan dukungan sahabat-sahabatnya, Mildred selalu dapat melalui berbagai rintangan. Walaupun, pada beberapa kesempatan sebenarnya diakibatkan oleh kecerobohannya sendiri. Salah satu yang hal paling kacau adalah ketika Mildred lupa melepaskan roll rambutnya. Akibatnya roll rambut itu tidak bisa dilepaskan dan akhirnya dipotong secara paksa oleh Ethel. Untuk mengembalikannya, Mildred membuat ramuan untuk dirinya sendiri. Namun celakanya, rambutya tumbuh tak terkendali. Pada proses shooting, dibutuhkan sekitar 820 rambut palsu yang disambungkan hingga panjangnya sekitar 1 kilometer!

Tragedi rambut pada episode ‘The First Witch’. Foto : 2DF Enterprises

Wajah Baru the Worst Witch Season 4

Pada awal bulan Oktober 2020 ini, The Worst Witch season 4 tayang di situs Netflix. Benang merah pada season ini adalah pertarungan antara Mildred dan Ethel untuk memperebutkan posisi sebagai Head Girl. Namun, hal yang paling mencolok perbedaannya dari season sebelumnya adalah ketidakberadaan Bella Ramsey sebagai Mildred Hubble. Di season 4, peran Mildred digantikan oleh Lydia Page yang diceritakan berubah rupa akibat kesalahan mantra yang disabotase oleh Ethel. Secara fisik, Mildred di season 4 sangat jauh berbeda dari season-season sebelumnya.

Tidak dijelaskan secara detail alasan Bella mengundurkan diri dari perannya sebagai Mildred. Pada akun instagramnya @bellaramsey ia hanya mengatakan hal-hal terkait dengan kesehatan mental. Ketidakberadaan Bella memang memberikan nuansa yang berbeda bahkan kerinduan bagi beberapa penggemar The Worst Witch. Namun Lydia cukup mampu membawakan peran Mildred dengan baik. Kesan dewasa lebih nampak ketika diperankan oleh Lydia.

https://www.instagram.com/p/B8djEdrnq8_/?utm_source=ig_web_button_share_sheet

So, perlukah ada season 5?

You may also like